MODUL DASAR MOTOR MOTOR BAKAR


MODUL DASAR MOTOR MOTOR BAKAR

Motor penggerak mula adalah suatu motor yang merubah tenaga primer yang tidak diwujudkan dalam bentuk aslinya, tetapi diwujudkan dalam bentuk tenaga mekanis.

Prinsip pengubahan tenaga pada motor penggerak mula

MODUL DASAR MOTOR MOTOR BAKAR


Tenaga Primer tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan. Jumlah tenaga primer yang dimasukkan pada suatu motor selalu sama besar dengan jumlah tenaga yang dihasilkan ( out - put ) Tenaga primer yang tidak akan pernah dapat diubah 100% menjadi tenaga mekanis. Sebagaian tenaga primer akan dikeluarkan dalam bentuk lain seperti panas. Gas buang, pendinginan, gesekan & Radiasi bagian tenaga yang tidak dapat diubah menjadi tenaga mekanis dinilai sebagai kerugian pada proses pengubahan tenaga. 


                                                      h selalu lebih kecil dari 100%

Contoh : Pada Motor Bensin, Tenaga Primer 100% C. panas/kalori hasil pembakaran hanya akan menghasilkan rendemen/effisiensi sebesar kurang lebih 30%. Sedang yang lain hilang. Karena terbawa gas buang 30%, diserap oleh sistem pendingin 30%, akibat gesekan dan radiasi 10%.



Motor bakar adalah pesawat pengerak mula yang mengubah tenaga kimia bahan bakar menjadi tenaga panas ( kalor ) dengan jalan pembakaran, panas tersebut selanjutnya di rubah menjadi tenaga mekanik Proses pengubahan tenaga kimia bahan bakar menjadi tenaga mekanik pada motor bakar



Macam-macam motor bakar pembakaran dalam

1.       Motor torak

              
Motor torak


Sifat – sifat yang menonjol

·         Gerak Translasi / gerak bolak-balik torak dirubah menjadi gerak putar poros engkol.

·         Untuk mengurangi getaran, jumlah silinder dapat dibuat lebih dari Satu.

·         Digunakan pada motor 2 tak dan 4 tak baik motor Bensin maupun Diesel

2.       Motor Wankel

Motor Wankel


Sifat-sifat yang menonjol

·         Gerakan torak berotasi ( berputar )

·         Pengisian, kompresi dan pembuangan diatur oleh torak

·         Lebih ringan

·         Getaran kecil

·         Jarang digunakan dan tidak diproduksi secara massal

Contoh  :  Mazda RX-7  Mercedes Benz

3.       Turbin gas



Sifat – sifat yang menonjol

·         Semua bagian berputar, sehingga getaran kecil

·         Pembakaran berlangsung secara terus menerus

Penggunaan : Pesawat terbang, penggerak generator listrik

Macam macam konstruksi motor torak

a.       Motor 2 tak (bensin)



Sifat sifat yang menonjol

·         Pendinginan dengan udara, getaran sirip keras

·         Pelumasan silinder dengan mencampurkan oli kebahan bakar

·         Pengisian, pembilasan, kompresi dan pembuangan lewat saluran-saluran diatur oleh torak

·         Pembetukan campuran bahan bakar diluar silinder

·         Penyalaan dengan sistem pengapian atau penyalaan diri

b.      Motor 2 tak (Deisel)



Sifat –sifat yang menonjol

·         Pendingin dengan air pendingin

·         Pembilasan memanjang

·         Memerlukan katup buang

·         Pengisapan dan pembilasan dijalankan oleh kompresor yang langsung menekan udara ke dalam silinder

·         Pelumasan tekan

·         penyalaan dengan penyalaan diri



Penggunaan  :  Kapal laut, Kereta api

c.       Motor Otto ( Bensin 4 Tak )


Sifat-sifat yang menonjol

·         Pendinginan dengan air pendingin

·         Pelumasan silinder dengan semprotan oli atau percik ( dengan sistem panci, sirkulasi tekan oleh pompa oli )

·         Pengisian, kompresi, pembuangan diatur oleh mekanisme katup

·         Pembentukan campuran bahan bakar dan udara terjadi diluar silinder

·         Pembakaran dengan sistem pengapian

d.      Motor Diesel ( 4Tak )



Sifat-sifat yang menonjol

·         Pendingian dengan air pendingin

·         Pelumasan silinder dengan semprotan oli atau percikan

·         Pengisian, kompresi, pembuangan diatur oleh mekanisme katup

·         Pembentukan campuran bahan bakar dan udara didalam silinder

·         Pembakaran terjadi dengan sendirinya




0 Response to "MODUL DASAR MOTOR MOTOR BAKAR"

Post a Comment