MODUL DASAR MOTOR MOTOR BAKAR
Motor penggerak mula adalah suatu motor yang merubah tenaga
primer yang tidak diwujudkan dalam bentuk aslinya, tetapi diwujudkan dalam
bentuk tenaga mekanis.
Prinsip pengubahan tenaga pada motor penggerak mula
Tenaga Primer tidak dapat
diciptakan atau dimusnahkan. Jumlah tenaga primer yang dimasukkan pada suatu
motor selalu sama besar dengan jumlah tenaga yang dihasilkan ( out - put ) Tenaga
primer yang tidak akan pernah dapat diubah 100% menjadi tenaga mekanis. Sebagaian
tenaga primer akan dikeluarkan dalam bentuk lain seperti panas. Gas buang,
pendinginan, gesekan & Radiasi bagian tenaga yang tidak dapat diubah
menjadi tenaga mekanis dinilai sebagai kerugian pada proses pengubahan tenaga.
h
selalu lebih kecil dari 100%
Contoh : Pada Motor Bensin, Tenaga Primer 100% C. panas/kalori hasil pembakaran hanya akan menghasilkan rendemen/effisiensi sebesar kurang lebih 30%. Sedang yang lain hilang. Karena terbawa gas buang 30%, diserap oleh sistem pendingin 30%, akibat gesekan dan radiasi 10%.
Motor bakar adalah pesawat pengerak mula yang mengubah
tenaga kimia bahan bakar menjadi tenaga panas ( kalor ) dengan jalan
pembakaran, panas tersebut selanjutnya di rubah menjadi tenaga mekanik Proses
pengubahan tenaga kimia bahan bakar menjadi tenaga mekanik pada motor bakar
Macam-macam motor bakar pembakaran dalam
1.
Motor
torak
Sifat – sifat yang menonjol
·
Gerak Translasi / gerak bolak-balik torak
dirubah menjadi gerak putar poros engkol.
·
Untuk mengurangi getaran, jumlah silinder dapat
dibuat lebih dari Satu.
·
Digunakan pada motor 2 tak dan 4 tak baik motor
Bensin maupun Diesel
2.
Motor
Wankel
Sifat-sifat yang menonjol
·
Gerakan torak berotasi ( berputar )
·
Pengisian, kompresi dan pembuangan diatur oleh
torak
·
Lebih ringan
·
Getaran kecil
·
Jarang digunakan dan tidak diproduksi secara
massal
Contoh :
Mazda RX-7 Mercedes Benz
3.
Turbin
gas
Sifat – sifat yang menonjol
·
Semua bagian berputar, sehingga getaran kecil
·
Pembakaran berlangsung secara terus menerus
Penggunaan : Pesawat terbang,
penggerak generator listrik
Macam macam
konstruksi motor torak
a.
Motor
2 tak (bensin)
Sifat sifat yang menonjol
·
Pendinginan dengan udara, getaran sirip keras
·
Pelumasan silinder dengan mencampurkan oli
kebahan bakar
·
Pengisian, pembilasan, kompresi dan pembuangan
lewat saluran-saluran diatur oleh torak
·
Pembetukan campuran bahan bakar diluar silinder
·
Penyalaan dengan sistem pengapian atau penyalaan
diri
b.
Motor
2 tak (Deisel)
Sifat –sifat yang menonjol
·
Pendingin dengan air pendingin
·
Pembilasan memanjang
·
Memerlukan katup buang
·
Pengisapan dan pembilasan dijalankan oleh
kompresor yang langsung menekan udara ke dalam silinder
·
Pelumasan tekan
·
penyalaan dengan penyalaan diri
Penggunaan :
Kapal laut, Kereta api
c.
Motor
Otto ( Bensin 4 Tak )
Sifat-sifat yang menonjol
·
Pendinginan dengan air pendingin
·
Pelumasan silinder dengan semprotan oli atau
percik ( dengan sistem panci, sirkulasi tekan oleh pompa oli )
·
Pengisian, kompresi, pembuangan diatur oleh
mekanisme katup
·
Pembentukan campuran bahan bakar dan udara
terjadi diluar silinder
·
Pembakaran dengan sistem pengapian
d.
Motor
Diesel ( 4Tak )
Sifat-sifat yang menonjol
·
Pendingian dengan air pendingin
·
Pelumasan silinder dengan semprotan oli atau
percikan
·
Pengisian, kompresi, pembuangan diatur oleh
mekanisme katup
·
Pembentukan campuran bahan bakar dan udara
didalam silinder
·
Pembakaran terjadi dengan sendirinya
0 Response to "MODUL DASAR MOTOR MOTOR BAKAR"
Post a Comment